Wednesday, April 13, 2016

7 Hal ini yang Membuat Rambut Rontok

    1.    Proses Kimia
      Proses kimia yang dilakukan pada rambut seperti rebonding, pewarnaan, dan hair styling membuat rambut rentan dan rusak. inilah yang menyebabkan mengapa helaian rambut mudah patah.
 2.    Suhu Panas
Suhu panas yang diterima rambut terus menerus dapat berasal dari sinar matahari dan juga suhu panas bahan alat styling rambut, seperti hair dryer. Paparan suhu panas yang berlebihan akan membuat rambut patah dan kusam.
3.    Kebiasaan Mengikat Rambut
Mengikat rambut terlalu sering dan terlalu kencang dapat membuat rambut kekurangan sirkulasi udara dan rapuh. Terlebih mengikat rambut saat tidur. Usahakan untuk menggerai rambut Anda agar dapat bebas bernafas dan beristirahat di malam hari.
4.    Pengaruh Lingkungan
Perubahan suhu yang drastis dari udara panas ke dingin akan membuat rambut bekerja ekstra. Hal ini dapat memicu munculnya masalah rambut seperti ketombe dan lepek. Suhu lingkungan ini dapat disiasati dengan menggunakan kondisioner pada rambut. (baca juga :7 kopi Indonesia yang mendunia)
5.     Siklus pertumbuhan rambut yang tidak seimbang
Pertumbuhan rambut yaitu sekitar 1 inchi setiap bulannya. Salah satu penyebab rambut rontok parah yaitu adanya gangguan yang disebabkan hormon androgen. Akibat dari proses pertumbuhan rambut yang tidak normal, maka rambut dapat rontok dalam jumlah yang cukup banyak.
6.    Kehamilan dan persalinan
Setelah melahirkan, sekitar 3 bulan kemudian maka akan dapat terlihat bahwa adanya rambut rontok yang cukup parah. Penyebab rambut rontok pada wanita ini terjadi secara alami. Hingga beberapa bulan kemudian maka rambut akan pulih dan tidak akan rontok lagi. (baca juga: 6 Cara meningkatkan semangat kerja di pagi hari)
7.     Obat-obatan
Penyebab lain terjadinya kerontokan rambut yang cukup parah yaitu karena obat-obatan. Tidak semua obat-obatan dapat menyebabkan kerontokan. Hanya beberapa saja yang memiliki efek samping dapat membuat rambut rontok. Kerontokan rambut akan berhenti jika konsumsi obat-obatan tersebut juga dihentikan. Beberapa obat-obatan yang dapat menyebabkan kerontokan rambut diantaranya yaitu obat yang terlalu banyak mengandung vitamin A, obat asam urat, pengencer darah, obat antidepresan, kontrasepsi dan obat kemoterapi.


No comments:

Post a Comment